Video Ternak Kelinci Terbaru

Kelinci Pedaging Unggul

Ternak Kelinci Pedaging: 085779262894, pin: 7CDA1736

Bericara produktifitas, tentu ndak jauh-jauh dengan yang namanya bibit unggul. Begitu juga dalam dunia kelinci sob, peran kelinci pedaging unggul akan sangat menentukan seberapa produktifkah kita menghasilkan daging untuk konsumen kita. So kali ini kita ngobrol masalah kelinci pedaging unggul ya....

Oh ya sebelum lanjut, 1 hal yang harus temen-temen pahami adalah temen-temen harus memiliki fokus yang tinggi dan juga tekad baja, jangan mudah tergoda iming-iming yang ndak jelas dalam dunia peternakan, termasuk peternakan kelinci. fokus dan kerja keras plus kerja cerdas ya...


Lho kenapa memangnya..?

Karena saya beberapa kali ketemu dengan temen-temen yang masih bingung mau pelihara kelinci hias atau kelinci pedaging..?
Analisa dan kenali dulu potensi alam sekitar, jika memungkinkan untuk kelinci pedaging kenapa tidak kita explore aja..? begitu juga dengan kelinci hias.

Nah balik ke pembahasan kita awal tentang kelinci pedaging unggul.

Kelinci memiliki banyak varian jenisnya, dan dari sekian banyak jenis tersebut yang sudah dikomersilkan dan juga sudah dibuktikan dalam industri produksi daging adalah jenis NZW.

Kelinci jenis NZW ini memiliki postur tubuh yang gempal pada bagian punggu kepala agak kecil dan kaki yang relatif pendek. dibandingkan dengan dengan berat tulangnya, kelinci jenis NZW ini bener-bener bisa memuaskan selera penikmat daging kelinci karena proporsi berat tulangnya relatif kecil dibandingkan dengan kelinci jenis besar.

Lho bagaimana dengan rex, flemish, dan bligon..?

Saya pribadi mempersilahkan aja buat temen-temen untuk uji coba dalam membandingkan perolehan karkas masing-masing kelinci.

Tapi saya pribadi lebih nyaman dengan data yang ada, karena bagi saya untuk uji coba dan membandingkan itu beda urusan, dalam produksi daging kita punya hitung-hitungan jenis kelinci yang digunakan dan juga kebutuhan pakannya.  jadi meleset di penghitungan pakan dan pemilihan jenis bisa amburadul nantinya.

Oh ya sob..., saya hampir lupa. Untuk nzw sendiri, indo yang saya dapatkan ada 2 jenis, ada yang untuk memproduksi daging dan ada jga yang untuk hias atau kontes.

Lha terus apa bedanya..? yang paling mencolok adalah bentuk kepanya sob, yang hias atau untuk kontes, bentuk kepala lebih besar dan bulat.

Masalah harga gmana...?

Saat artikel ini di tulis, harga kelinci nzw yang khusus untuk produksi daging adalah sbb:
  • anakan : 300-350 per ekor, untuk yang berumur 2 - 2,5 bulan
  • indukan: 800-an ribu.
Nah buat temen-temen yang mau order, silahkan hubungi saya di: 085779262894, pin: 7CDA1736

No comments:

Post a Comment